Kronologi Kerusuhan di Lapas Labuhan Ruku

Batubara: Sejumlah narapidana dikabarkan rusuh dan melakukan pembakaran di Lapas Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, tadi sore. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie mengatakan kerusuhan terjadi berawal dari adanya pemindahan 49 napi dari Lapas Lubuk Pakam ke Lapas Labuhan Ruku, pada Sabtu (17/8) kemarin.
      Kantor, dapur dan blok C Lapas Labuhan Ruku ikut ludes terbakar
"Kemudian pada tanggal 18 Agustus 2013 pukul 16.00, pada saat napi istirahat ada sekelompok napi yang duduk-duduk memanggil sipir yang jaga, kemudian terjadi pemukulan dan ke lima org napi tersebut berteriak serbu," terang dia dalam pesan singkat yang dikirim ke wartawan, Minggu (18/8).

Kemudian kata Irjen Ronny, ada napi yang bertindak sebagai provokator sehingga sejam setelah kejadian tersebut terjadi kerusuhan dan pembakaran gedung utama depan Lapas. Akibatnya, para napi punya kesempatan untuk kabur.

"Data saat ini sekitar 25 s/d 30 org Napi yg kabur dari Lapas, dan sdg dilakukan pendataan guna memudahkan pencarian," jelas dia.

Lebih lanjut dikatakan Irjen Donny, Polres setempat saat ini mendatangi Lapas untuk mengamankan Lapas dan mencari napi yang kabur serta memadamkan api.

"Sementara kondisi terakhir saat ini api sdh berhasil dipadamkan, sehingga Kapolres dan Dandim berupaya bernegosiasi dengan napi," tandasnya. [dem]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WARGA ADHYAKSA GREBEK OKNUM ANGOTA DPRD BANJARMASIN

PT. MBN Diduga Sebagai Penadah Batu Bara Ileggal

Perwira Polda Kalsel Bergeser