SBY Resmikan 17 Proyek Dengan Nilai Investasi Capai 15 Triliun

Banjarmasin – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meresmikan dan melakukan groundbreaking untuk sejumlah proyek Masterplan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), yang terpusat di Kantor Pemerintahan Provinsi Kalsel, hari ini (23/10). Total ada sekitar tujuh proyek yang akan di groundbreaking dengan total investasi sekitar Rp4,7 triliun. Selain itu juga ada 10 proyek yang akan diresmikan dengan nilai investasi sekitar Rp11,3 triliun.

Salah satu proyek yang akan dilakukan groundbreaking adalah pembangunan flyover Gatot Subroto, Banjarmasin. Total dana ada sekitar Rp185 miliar disiapkan baik melalui dana APBN dan APBD untuk menunjang pembangunan tersebut. Progres fisik dari flyover sendiri sudah sampai Oktober 2013 mencapai 48 persen. Target penyelesaian sesuai kontrak adalah 15 Maret 2015. Tak tanggung-tanggung, realisasinya akan dipercepat menjadi Oktober 2014.
Flyover sendiri akan memiliki empat jalur. Panjangnya sendiri akan bertambah menjadi sekitar 550 meter dengan lebar jembatan 16,5 meter. Tambah panjangnya flyover ini ditambah dengan akses jalan samping atau Pile slab yakni dengan pelebaran jalan dengan sistem panggung.
Selain flyover, diantaranya juga ada megaproyek bernilai sekitar Rp4 triliun. Yakni pembangunan pabrik semen milik PT Conch South Kalimantan Cement di Kecamatan Haruai, Tabalong. Pabrik ini merupakan investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dari Tiongkok.
Progres pembangunan sendiri sudah mencapai sekitar 30 persen. Pabrik semen ini memiliki kapasitas sekitar 1,5 juta ton per tahun. Rencananya pada bulan Oktober 2014 akan sudah mulai berproduksi. Pabrik ini sendiri dapat menyerap tenaga kerja hingga 620 orang.
Selain itu ada proyek pembangunan Jembatan Basirih dengan sistem jembatan kembar. Juga ada empat pembangunan pabrik minyak kelapa sawit masing-masing di Kecamatan Sampanahan Kotabaru, Kecamatan Cintapuri Darusalam Banjar, Kecamatan Marabahan Barito Kuala, dan Kecamatan Karang Bintang Tanah Bumbu.
SBY juga akan meresmikan 10 proyek lainnya diantaranya adalah PLTU Mulut Tambang dengan kapasitas 2x30 MW. Total investasi mencapai Rp1,6 triliun. PLTU milik Adaro Power Group ini akan mendukung kekurangan daya milik PLN.
Juga ada peresmian pembangunan dermaga terminal milik PT Pelindo III. Dermaga ukuran 265 meter x 34,5 meter telah mulai dibangun sejak April 2012 lalu. Terminal ini nantinya untuk menampung sekitar 25.000 boks petikemas. 
“Proyek yang akan diresmikan oleh Presiden ini sangat dapat membantu masyarakat Kalsel. Total ada sekitar Rp15 triliun yang diinvestasikan di Kalsel. Diharapkan proyek-proyek ini dapat membantu meningkatkan jumlah pekerja di Kalsel,” kata Gubernur Kalsel Rudy Ariffin. (mrn/bk1)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WARGA ADHYAKSA GREBEK OKNUM ANGOTA DPRD BANJARMASIN

PT. MBN Diduga Sebagai Penadah Batu Bara Ileggal

Perwira Polda Kalsel Bergeser