Senin Besok Buruh 'Pemanasan' Jelang Mogok Nasional

Jakarta: Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan elemen buruh yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KNGB) akan menggelar aksi mimbar bebas dan mogok kerja di sejumlah daerah pada Senin (28/10).

Aksi ini merupakan 'pemanasan' jelang mogok nasional yang dilakukan serentak pada 31 Oktober mendatang. Iqbal mengatakan, mimbar bebas dan mogok kerja akan dilakukan oleh sekitar 5-10 ribu buruh Kawasan Industri Pulo Gadung dan KBN Cakung.

Pada hari sama, sekitar 50 ribu buruh se-Bandung Raya (Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung) juga menggelar aksi serupa.

"Aksi akan dipusatkan di Kantor Walikota Cimahi dan Bupati Bandung Barat," kata Iqbal melalui pesan singkat yang diterima, Jakarta, minggu (27/10).

Di Karawang, Jawa Barat, 3000 buruh juga akan melakukan aksi konvoi dan konsolidasi yang dipusatkan di GOR Karawang pada pukul 17.00 WIB. "Buruh di berbagai daerah lain pun akan melakukan aksi yang sama pada tanggal 28 Oktober 2013," tukas dia.

Puncak aksi buruh adalah mogok nasional yang akan dilaksanakan 31 Oktober-1 November 2013 di seluruh Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, buruh akan menuntut jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, meminta upah layak dan menuntut penghapusan sistem outsourcing.(mi/bk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WARGA ADHYAKSA GREBEK OKNUM ANGOTA DPRD BANJARMASIN

PT. MBN Diduga Sebagai Penadah Batu Bara Ileggal

Perwira Polda Kalsel Bergeser