Di kota Banjarmasin Banyak Proyek Tidak Selesai 100 %

Gusti Ridwan Sofyan
Banjarmasin - Pembangunan proyek fisik Kota Banjarmasin tak sampai 100 persen. Hal ini dikarenakan adanya sisa lelang tander dan pengurangan nilai kontrak.
 
Pengurangn nilai kontrak tersebut berupa ketidaksiapan dan pembebasan lahan yang belum terlaksana. Hingga pertengahan Desember, masih ada pengerjaan proyek yang belum selesai. Di perkirakan hanya 90 persen pelaksaan proyek tersebut dapat terselesaikan.
 
Di pertengahan 2013, ada jalan 70 km yang diperbaiki maupun dilakukan peningkatan. Peningkatan jalan raya ini biasanya terlaksana apabila jalan tersebut sudah rusak lebih dari 50 persen. Sementara bila kerusakan kecil akan dilakukan pemeliharaan.
 
Selain itu, lebih dari 12 jembatan kecil sudah direhap total seperti jembatan yang ada di Kompleks Kayutangi 2 dan jembatan Cendrawasih. Sedangkan untuk pembangunan jembatan besar ada dua buah yaitu Jembatan Pemurus dan Jembatan Rawasari.
 
Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin, Gusti Ridwan Sofyan, membenarkan jika proyek fisik kota Banjarmasain tidak dapat terlaksana dengan sempurna. Selain sisa tander masih banyak yang belum terlaksana, ada juga masalah penundaan pembebasan lahan. “Seperti contoh jalan Rantauan Darat tidak dapat kami realisasikan pengerjaannya karena pembebasan lahan yang belum terlaksana. Untuk dananya sudah kami kembalikan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin,” ujarnya kemarin (13/12) saat ditemui di kantornya.
 
Bina Marga tidak dapat memprediksi sejauh mana penyelesaiannya hingga akhir 2013 nanti. Ringkasan laporan pengeluaran baru bisa dibuat di akhir Desember 2013 dan awal Januari 2014. “Ini masih dalam pengerjaan laporan akhir. Belum dapat kami buat karena ini masih pertengan Desember,” tukasnya.(mr-131/mf/dye/bk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WARGA ADHYAKSA GREBEK OKNUM ANGOTA DPRD BANJARMASIN

PT. MBN Diduga Sebagai Penadah Batu Bara Ileggal

Perwira Polda Kalsel Bergeser