Wakil Bupati Banjar Diperiksa Sebagai Saksi Bansos

Wakil Bupati Banjar HA Fauzan Saleh
Banjarmasin - Setelah 13 Kepala Dinas  Kesbangpol se-Kalsel dimintai keterangannya sebagai saksi, terkait dugaan kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) yang melibatkan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel, kini giliran Wakil Bupati Banjar HA Fauzan Saleh memenuhi panggilan tim penyidik dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel untuk dimintai keterangan, Senin (9/12) pagi.
 
Meskipun mantan kepala biro Kesra Setdaprov Kalsel itu juga ditetapkan sebagai tersangka, namun pemeriksaan kemarin ia dalam posisinya sebagai saksi terhadap tersangka Mantan Sekda Muchlis Gafuri dan mantan Kabiro Kesra juga, Anang Bahrani.
 
Dalam pemeriksaan tersebut Pa Fauzan mengatakan "bahwa dalam melaksanakan tugas selaku mantan biro Kesra beliau sempat mengeluarkan dana bansos berkisar kurang lebih Rp.1,4 Miliar."
 
“Beliau dipanggil dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk perkara dengan tersangka Muchlis Gafuri dan Anang Bahrani. Karena beliau saat itu masih menjabat sebagai Kepala Biro Kesra,” kata Kasi Penkum Kejati Erwan Surwarna.
 
Dalam setiap penanganan kasus, menurut Erwan, tidak ada perlakuan khusus terhadap siapa pun, mulai dari tersangka maupun saksi. Karena semua orang di mata hukum adalah sama, tidak memandang apapun jabatannya.
 
Terkait dengan pemanggilan Fauzan Saleh, materi pemeriksaan yang diajukan terhadap saksi, jelas Erwan pastinya berkaitan dengan kasus tersebut. “Pokoknya pertanyaan penyidik seputar pada saat beliau menjabat sebagai Kepala Biro Kesra, mengenai proposal-proposal yang masuk,” jelasnya.
 
Menurut Erwan, bukan hanya Fauzan Saleh yang akan dipanggil sebagai saksi, melainkan yang lainya yang telah ditetapkan sebagai tersangka juga akan mendapat giliran dipanggil sebagai saksi. “Mereka nantinya akan saling bersaksi,” imbuhnya.
 
Erwan menambahkan, pihaknya masih belum bisa membeberkan hasil pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus tersebut terlebih terhadap pemeriksaan Wabup Kabupaten Banjar.

“Kita akan ekspos sekaligus dengan hasil pemeriksaan saksi-saksi yang sebelumnya lebih dahulu diperiksa bagaimana hasil perkembangannya, kita masih menunggu hasil penyidikan dari tim penyidik,” tutupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WARGA ADHYAKSA GREBEK OKNUM ANGOTA DPRD BANJARMASIN

PT. MBN Diduga Sebagai Penadah Batu Bara Ileggal

Perwira Polda Kalsel Bergeser